Jumat, 13 November 2009

Clavicula Pembentuk Ekstremitas Superior

Dalam anatomi manusia, klavikula atau tulang leher diklasifikasikan sebagai tulang panjang yang membentuk bagian dari sabuk bahu (pectoral korset). Ini menerima namanya dari bahasa Latin clavicula ( "kunci kecil") karena tulang berputar sepanjang sumbu seperti kunci ketika bahu diculik. Gerakan ini jelas. Pada beberapa orang, terutama wanita yang mungkin memiliki lebih sedikit lemak di daerah ini, lokasi tulang terlihat jelas karena menciptakan tonjolan di kulit.

Klavikula adalah melengkung ganda pendek yang menghubungkan tulang lengan (ekstremitas atas) ke tubuh (trunk), yang terletak tepat di atas tulang rusuk pertama. Karena berfungsi sebagai penyangga untuk menjaga posisi skapula sehingga lengan dapat tergantung bebas. Medial, itu artikulasi dengan manubrium sternum (tulang dada) pada sendi sternoklavikularis. Pada akhirnya lateral artikulasi dengan akromion skapula (tulang belikat) di acromioclavicular bersama. Bulat ini memiliki ujung medial dan lateral rata akhir.

Dari piramida sternalis sekitar akhir, masing-masing kurva lateral klavikula dan anterior untuk kira-kira setengah panjangnya. Ini kemudian membentuk kurva yang halus posterior untuk mengartikulasikan dengan proses skapula (akromion). Flat, akhir acromial klavikula adalah lebih luas daripada sternalis akhir. Pada akhir acromial memiliki permukaan kasar yang lebih rendah terkemuka beruang garis dan tuberkel. Fitur permukaan ini situs pelekatan otot-otot dan ligamen dari bahu.


Para tulang selangka, juga disebut klavikula, adalah tulang dari atas dada, antara tulang dada (sternum) dan tulang belikat (tulang belikat). Mudah untuk merasa klavikula, karena tidak seperti tulang lain yang dibungkus dengan otot, hanya kulit yang mencakup sebagian besar tulang. Fraktur klavikula sangat umum. Patah tulang terjadi pada bayi (biasanya selama kelahiran), anak-anak dan remaja (karena tidak klavikula sepenuhnya mengeras, atau mengembangkan, sampai akhir remaja), atlet (karena risiko dipukul atau jatuh), atau selama banyak jenis kecelakaan dan jatuh.

Fungsi

Klavikula melayani beberapa fungsi:

* Ini berfungsi sebagai dukungan dari yang kaku skapula dan bebas ekstremitas ditangguhkan. Menyimpan pengaturan ini ekstremitas atas (lengan) dari toraks sehingga lengan memiliki jangkauan maksimum gerak.
* Meliputi cervicoaxillary kanal (lorong antara leher dan lengan), melalui mana beberapa struktur penting lulus.
* Mengirim dampak fisik dari ekstremitas atas ke kerangka aksial.

Meskipun diklasifikasikan sebagai tulang panjang, klavikula tidak memiliki meduler (sumsum tulang) rongga seperti tulang panjang lainnya. Ini terdiri dari spons (cancellous) tulang dengan shell tulang kompak. Ini adalah tulang dermal awalnya berasal dari unsur-unsur yang melekat pada tengkorak.



Klavikula adalah tulang pertama untuk memulai proses pengerasan (meletakkan mineral ke dalam matriks preformed) selama perkembangan embrio, selama 5 dan 6 minggu kehamilan. Namun, hal itu merupakan salah satu tulang terakhir untuk menyelesaikan hal mengeras, pada sekitar 21-25 tahun. Membentuk oleh intramembranous pengerasan. Ini terdiri dari massa tulang cancellous dikelilingi oleh tulang kompak shell. Bentuk tulang yang cancellous melalui dua hal mengeras pusat, satu medial dan satu lateral, yang sekering nanti. Bentuk yang ringkas sebagai lapisan fasia menutupi tulang merangsang pengerasan jaringan yang berdekatan. Tulang kompak yang dihasilkan dikenal sebagai periosteal kerah.


Klavikula bervariasi lebih dalam bentuk daripada kebanyakan tulang panjang lainnya. Kadang-kadang, klavikula ini ditembus oleh cabang supraklavikularis saraf. Klavikula lebih tebal dan lebih melengkung pada pekerja manual, dan situs lampiran otot lebih ditandai. Klavikula kanan biasanya lebih kuat dan lebih pendek dari klavikula kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar